Telkomsel Umumkan 20 Finalis The NextDev 2017

Kamis, 09 November 2017

Administrator

Teknologi

Dibaca: 32 kali

JAKARTA,  Telkomsel mengumumkan 20 startup finalis kompetisi aplikasi lokal The NextDev 2017. Mereka merupakan para startup yang terpilih dari sekitar 1.700 peserta dalam The NextDev tahun ini, sejak Juli hingga Oktober 2017.

Juri The NextDev menyeleksi aplikasi yang diajukan para finalis berdasarkan lima komponen penilaian, yaitu problem, solution, business model, readiness level, dan visualization yang kesemuanya berkaitan dengan kematangan konsep dan kesiapan masing-masing peserta.

"Penilaian dilihat dari masalah yang dibidik, skalanya, lalu ketepatan solusi untuk problem tersebut. Kemudian, apakah model bisnisnya cocok, dan juga seberapa siap mereka untuk terjun mengeksekusi startup," ujar Gibran Huzaifah, anggota dewan juri The NextDev 2017 sekaligus CEO eFishery ketika berbicara dalam acara pengumuman yang digelar Telkomsel di Jakarta, Jumat (27/10/2017).

Ke-20 finalis The NextDev 2017 berasal dari empat kategori yang dilombakan, yaitu e-Transport, e-Agriculture, e-Health, dan e-Education. Gibran menuturkan, jumlah finalis terbanyak berasal dari kategori e-Education dan e-Agriculture yang masing-masing menyumbang 6 finalis. Dua kategori lainnya memberikan 8 finalis yang dibagi rata.

Baca juga : Kompetisi Startup The NextDev 2017 Digelar

Usai pengumuman, para finalis The Next Dev 2017 akan mengikuti kegiatan mini bootcamp pada November 2017, di mana mereka akan memperoleh UI/UX technical workshop, Go To Market workshop, dan Pitching Investment Workshop.

Setelah mini bootcamp, para finalis akan mengikuti tahapan seleksi final, yaitu Final Pitching di hadapan para juri dan Investor Meet Up di mana mereka akan dipertemukan dan berinteraksi dengan berbagai investor.

Pada tahapan seleksi final ini akan dipilih empat tim terbaik sebagai pemenang The NextDev 2017.

Para pemenang  akan diberikan hadiah berupa "7M", yakni Market Access (akses pasar), Marketing (publisitas), Mentoring (pelatihan dan pendampingan), Management Trip (study visit ke pelaku industri telekomunikasi di luar negeri), Money (uang tunai), Monetizing (peluang pendapatan melalui kolaborasi dengan stakeholder), dan Match Expert (perekrutan profesional sesuai kebutuhan).

Berdampak sosial

Vice President Corporate Communication Telkomsel Adita Irawati saat berbicara dalam acara pengumuman 20 finalis The NextDev 2017 di Jakarta, Jumat (27/10/2017)
Vice President Corporate Communication Telkomsel Adita Irawati saat berbicara dalam acara pengumuman 20 finalis The NextDev 2017 di Jakarta, Jumat (27/10/2017) (KOMPAS.com/Oik Yusuf)


Vice President Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati mengatakan, pihaknya sengaja memberikan pendampingan lebih lanjut kepada para finalis dan pemenang The NextDev agar kiprah mereka terus berlanjut hingga terjun ke pasar, tak berhenti sebatas pemenang lomba.

"Tujuan akhirnya, agar mereka berkembang dan bisa memberikan dampak real ke masyarakat. Karena The NextDev memang dibuat untuk memecahkan masalah-masalah sosial di masyarakat dengan teknologi," kata Adita, seraya menambahkan bahwa jumlah peserta The NextDev 2017 lebih banyak dibanding tahun lalu yang bekisar di 1.000 startup.

Adita melanjutkan, bagi Telkomsel, The NextDev adalah agenda CSR sekaligus upaya Telkomsel memperkuat bisnis digital dari segi application and content, yang menjadi salah satu penopang bisnis telekomunikasi di samping aspek network dan device.

Baca juga : 2 Startup The NextDev Telkomsel Berguru ke Facebook

"Telkomsel harus mendorong aplikasi dan konten juga. Salah satu caranya adalah membuat program untuk mewadahi para pengembang aplikasi yang bisa memberikan dampak sosial untuk masyarakat banyak. Inilah yang membedakan The NextDev dari kompetisi sejenis," imbuh Adita.

Khusus untuk tahun ini, Telkomsel mencatat keikutsertaan startup peserta dari wilayah Papua dan Maluku. Adita mengaku gembira lantaran pihak Telkomsel memandang Indonesia Timur adalah daerah yang memiliki potensi pertumbuhan bisnis digital tertinggi. Terlebih dengan dibangunnya infrastruktur broadband berupa kabel fiber optic yang menghubungkan kepulauan Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Tahun depan, Adita berharap kompetisi The NextDev akan menjadi bagian dari Telkomsel melalui inisiatif Innovation Lab yang akan diumumkan di waktu mendatang. "Mudah-mudahan nanti akan makin embedded dengan Telkomsel," pungkasnya.

Daftar lengkap dari 20 finalis The NextDev 2017 dapat dilihat dalam tabel berikut.

 

Sub Tema

Aplikasi/Platform

Kota

Founder/CEO

Kesehatan

Lactashare

Malang

Meralda Nindyasti

 

CekMata

Surabaya

Caesar Givani

 

I Care Indonesia

Jakarta

Irzan 

 

Medicaboo

Pekanbaru

Farly Nur Dewantara

 

Comrades

Bandung

Tioreza Febrian

 

Siab Siaga

Surakarta

Ratih Rachmatika

Agrikultur

Karapan

Surabaya

Badrut Tamam Hikmawan Fauzi

 

Kopitani.ID

Makassar

Arief Rahmat 

 

Pak Tani

Medan

Efraim Endastra

 

LindungiHutan

Semarang

Hario Laskito Ardi

 

Bantu Ternak

Yogyakarta

Ray Rezky Ananda

 

Growpal

Surabaya

Rizqi Akbar

Pendidikan

Qeedee

Depok

Fadila Arief

 

Squiline

Jakarta

Tommy Yunus

 

Kapiler

Depok

Rizki Dwi Saputro

 

EduBraille

Surabaya

Nida Amalia

Transportasi

Marlin Booking

Batam

Ali Sadikin 

 

Share Trans

Denpasar

Ida Bagus Gede Purwania

 

Go Bandung Disiplin

Bandung

Andhitiawarman Nugraha

 

Botika

Yogyakarta

Ditto Anindita

 

sumber: kompascom

Solusi hemat telepon kantor bisa anda dapatkan melalui MGM-Mitra Telecom.

Berita Terkait

    Komentar via Facebook

    Kembali ke atas